#UPERP11 #UTS2 [Membuat deskripsi dan bisnis proses (bizzagi) modul SALES]
Assalamualaikum wr.wb....
Apa kabar ? semoga kita semua sehat selalu dan selalu sehat
Kali ini saya akan membahas tugas UTS yang ke 2 dimana kami di wajibkan untuk mendeskripsikan dan membuat proses bisnis dari modul yang kami pegang. Saya sendiri mendapatkan bagian pada Modul Sales dari PT. Kaktus Berduri. Langsung aja ya kawand...
A. Proses Bisnis Modul Sales
Pada proses bisnis kali ini menggunakan bizagi untuk flowchart-nya. Berikut ini adalah Proses Bisnis Modul Sales PT. Kaktus Berduri yang sudah saya buat.
B. Tugas dan Tanggung Jawab Departemen Sales
Secara garis besar departemen pemasaran disusun oleh beberapa divisi dan sub divisi, seperti yang terlihat pada struktur organigram diatas. Adapun tugas dan wewenang masing-masing bagian adalah:
A. Departermen Pemasaran
Dipimpin oleh seorang Manajer Pemasaran yang bertanggung jawab kepada Direktur Utama
Tugas:
Tugas:
- Merencanakan dan merumuskan kebijakan strategis yang menyangkut pemasaran.
- Memonitoring dan mengarahkan proses-proses diseluruh divisi direktorat pemasaran.
- Melakukan koordinasi strategis antar direktorat
- Memberikan masukan pada direktur utama dalam memutuskan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran.
Wewenang:
- Menetapkan pedoman harga barang dan jasa
- Menetapkan dan mengevaluasi upaya strategis dan kebijakan pemasaran serta pengadaan barang dan jasa
- Menetapkan sistem pengendalian hasil produksi serta bahan baku dan pelengkap
B. Divisi Penjualan
Dipimpin oleh seorang Asisten Manajer Penjualan yang bertanggung jawab kepada Direktur Pemasaran dan membawahi Sub Divisi Order Penjualan dan Pengiriman.
Tugas:
- Mengkoordinir penjualan agar memenuhi target
- Menyusun rencana penjualan
- Mengikuti dan menganalisa perkembangan pasar
- Menganalisa laporan penjualan dan mengadakan evaluasi
- Memberikan saran dalam rangka peningkatan penjualan
Wewenang:
- Memberikan kebijakan-kebijakan atas rencana penjualan
C. Divisi Promosi
Dipimpin oleh seorang Asisten Manajer Promosi yang bertanggung jawab kepada Direktur Pemasaran dan membawahi Sub Divisi Riset Pasar dan Promosi.
Tugas:
- Bertanggungjawab atas kegiatan pemasaran
- Menerima dan memahami setiap keluhan pelanggan
- Membuat rencana “costumer visit” dan “costumer call” untuk period tertentu
Wewenang:
- Menetapkan cara mempromosikan barang ke pelanggan
D. Sub Divisi Order Penjualan
Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Order Penjualan yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Penjualan dan membawahi beberapa staff di Divisi Order Penjualan.
Tugas :
- Membuat faktur penjualan
- Mencatat order yang diterima dari pesanan
- Membawa dokumen order penjualan ke bagian otorisasi kredit
Wewenang :
- Memverifikasi order langganan mencakup data pelanggan secara lengkap
- Mengotorisasi pengembalian barang oeh pelanggan dengan cara membuat memo kredit
E. Sub Divisi Pengiriman
Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Pengiriman yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Penjualan dan membawahi beberapa staff di Divisi Order Penjualan.
Tugas:
- Menyerahkan barang yang dipesan sesuai dengan mutu, kuantitas, spesifikasinya sesuai dengan yang tercantum dalam tembusan faktur penjualan kartu kredit yang diterima dari penjual.
Wewenang:
- Mengotorisasi dalam membuat nota pengiriman
F. Sub Divisi Riset Pasar
Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Riset Pasar yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Promosi dan membawahi beberapa staff di Divisi Riset Pasar.
Tugas:
- Untuk mengetahui seberapa besar kekuatan para pesaing usaha yang akan dihadapi oleh pebisnis
- Mencari informasi mengenai harga,kuantitas,kualitas barang.
Wewenang:
- Menentukan para pesaing usaha sehingga mengetahui kelemahan dan kelebihan guna mendapatkan keuntungan
G. Sub Divisi Promosi
Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Divisi Promosi yang bertanggung jawab kepada Asisten Manajer Promosi dan membawahi beberapa staff di Divisi Promosi.
Tugas :
- Mengajukan anggaran biaya produksi kepada departemen promosi
- Melaksanakan progam promosi yang disetujui oleh departemen promosi
- Mengusulkan progam-progam promosi
Wewenang:
- Menentukan sarana-sarana dalam mempromosikan produk
- Mengusulkannya ke departemen promosi
- Menentukan pemasangan iklan terkait promosi produk
Komentar
Posting Komentar