#UPERP11 #UAS02 [Skenario]



Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat pagi kalian semua yang sedang sibuk dengan kesibukannya singmasing, semoga Allah selalu memberi kesehatan kepada kita semua untuk melakukan aktifitas kita singmasing...

Bismillahirrahmannirrahim ... dengan ditemani secangkir kopi hangat kali ini saya ingin sharing tentang cara melakukan transaksi untuk modul sales di odoo 10 .

A. Pertama-tama PT.Kaktus Berduri mendapatkan pesanan dari PT. KITA, berikut adalah skenario pemesanan antara PT. Kaktus Berduri dengan PT. KITA.
⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍⚍


























⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎⚎

B. Selanjutnya adalah menuangkannya di Odoo 10......

FYI = Untuk tugas kali ini seharusnya saya membuatnya di server yg diberikan dosen saya, namun karena selalu terjadi gangguan saat login (seperti gambar dibawah) maka saya menggunakan localhost untuk mengerjakan tugas UTS yang ke 2 ini... 



1. Buka localhost odoo kemudian pilih modul SALES

2. Pertama – tama tentukan customernya klik “Customers” . Apabila customer yg bersangkutan belum ada di daftar, maka kalian dapat membuat customer baru pada menu “Create

3. Isi data customer 

4. Sealnjutnya kita membuat Quotation (penawaran harga) kepada perusahaan yang kita tuju (PT. KITA), klik menu “Quotation” lalu klik ‘Create” maka akan muncul data quotation yang harus diisi seprti berikut : 
5. Isi data sesuai pesanan yang diminta, jika data sudah terisi kemudian klik “SAVE” 

6. Selanjutnya adalah mengirim email dengan cara klik “Send by Email”. 

7. Nah disini kalian dapat menulis /mengedit isi email kepada customer yang bersangkutan (PT. KITA), Jika sudah selesai klik “Send” 

Sebelum di edit
Setelah di edit

8. Apabila sudah terkirim klik “Confirmation Sale” yang bertujuan untuk memberitahu bagian Accounting untuk validasi dan bagian Warehouse untuk menyiapkan produk yang hendak dikirim 


9. Setelah kita memberitahu bagian Accounting dan Warehouse, langkah selanjutnya adalah Create Invoice atau membuat tagihan kepada customer yang dituju. klik “Create Invoice” kemudian klik “Create and View Invoices” untuk melihat cetakan tagihan customer. 

10. Klik “Validate” untuk memvalidasi invoice yang kita buat 

11. Langkah selanjutnya adalah mengirim invoice atau tagihannya kepada customer yang dituju (PT. KITA). Klik “Send by Email”. 


12. Klik “Send” 


13. Setelah terkirim klik "Registrasi Payment" untuk mengatur sistem pembayaran

14. Disini kita dapat mengatur sistem pembayarannya sesuai kesepakatan... pada kasus kali ini PT.KITA melunasi tagihan pada tanggal 16 November 2017. jika sudah selesai klik "Validate"

15. Pembayaran selesai, selanjutnya semua data terkirim dan akan diolah oleh bagian Accounting

 
Itulah Proses dari Bisnis Proses Sales Pada PT Kaktus Berduri, Semoga Bermanfaat…. 

Bila ada aspirasi lain demi perkembangan artikel maupun blog ini bisa di aspirasikan melalui kolom komentar 

Terima Kasih, Sekian.



Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERP11 #UAS05 [Dbvis]

#UPERP11 #UAS04 [Install Add on]